Wellcome To Seni & Budaya

What time

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 31 Desember 2011

Happy New Year 2012

Kata Pesan Buat Kita

Ilustrasi NewYear2012
Jangan terlalu lama menangisi apa yg telah terjadi di tahun 2011, mulai tersenyumlah di akhir tahun ini, dan songsonglah “tahun 2012” dengan semangat juang dan sepenuh hati. Kita semua tak dapat mengubah masa lalu yang buruk di “tahun 2011”, tapi kita semua bisa mempersiapkan masa depan “tahun 2012” agar lebih baik, kegagalan-kegagalan tahun kemarin “tahun 2011” adalah peluang untuk hal yang lebih baik, kegagalan di tahun kemarin adalah sebuah batu loncatan untuk pengalaman yang berharga.

Kegagalan-kegagalan tahun kemarin hanya karena pintu masih tertutup dan kita tidak pernah bisa membukanya,mengapa? hanya kesalahan kunci yang kita bawa. Percayalah pintu-pintu akan terbuka di “tahun 2012”, siapkan kunci yang cocok untuk membukanya. Dan bersyukurlah dengan kegagalan, karena bersyukur akan memberikan jalan kenikmatan. Seiring dengan datangnya tahun baru “tahun 2012”, mari kita buka pintu dan isilah ruang serta waktu, dengan lembaran-lembaran baru. Selamat tinggal Tahun 2011, dan Selamat Datang Tahun Baru (2012). Kami mengucapkan: “Selamat Beraktifitas dan Selamat Berjuang Menempuh Kehidupan Yang Lebih Baik Demi Masa Depan”. Selamat Datang di Tahun 2012, Happy New Year 2012, Salam.

Sekedar uneg-uneg: Prihartanto.

                                                               Illustrasi Happy New Year 2011 /Animasi-Gopries'82

Selamat Datang Tahun 2012, Lihat disini

Read More......

Jumat, 30 Desember 2011

Penataan dan Pemanfaatan Ruang

Menata Ruang Rumah Mungil Sehat dan Nyaman.

Interior/Gopries'82
Kebutuhan manusia akan rumah tiap tahun meningkat sebanding dengan bertambahnya jumlah penduduk, sementara luas lahan atau tanah tetap. Rumah sebagai idaman setiap manusia merupakan salah satu kebutuhan dasar dan merupakan faktor penting dalam peningkatan harkat dan martabat manusia.

Kemampuan kita sebagai insan yang berpenghasilan rendah, sangat rendah, dan berpenghasilan informal, kita tidak akan bisa menjangkau atau kemungkinan sangat kecil untuk bisa membeli dan memiliki rumah ideal yang layak, sehat, aman, dan serasi dengan luas lahan ideal 200 m2 dan luas bangunan 36 atau 45 m2 (type 36 m2/200m2, type 45 m2/200m2, atau type lain yang lebih besar).

Mendasari pada Pedoman Umum Rumah Sederhana dan Sehat, bahwa Ketentuan Rumah Sederhana Sehat antara lain:

1. Kebutuhan minimal Massa (penampilan) dan ruang (luar-dalam)

kebutuhan manusia akan ruang adalah 9 m2 / orang, dengan perhitungan ketinggian rata-rata langit-langit adalah 2.80 m.
Kebutuhan minimum ruangan pada rumah sederhana sehat perlu memperhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Kebutuhan luas per jiwa
- Kebutuhan luas per Kepala Keluarga (KK)
- Kebutuhan luas bangunan per Kepala Keluarga (KK)
- Kebutuhan luas lahan per unit bangunan.

2. Kebutuhan Kesehatan dan Kenyamanan

Rumah sebagai tempat tinggal yang memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan dipengaruhi oleh 3 (tiga) aspek, yaitu pencahayaan, penghawaan, serta suhu ruangan dan kelembaban dalam ruangan.

Dengan mengkaji pedoman tersebut, bahwa rumah sederhana dengan luas lahan 75 m2 yang ditempati oleh 4(empat) orang dapat digolongkan masih memiliki kelayakan sehat. Meski demikian kita masih bisa mengembangkan dan merenovasinya tidak hanya sekedar sehat namun bisa mempunyai nilai asri sehingga membikin kita krasan, nyaman, dan sebagainya.

Rumah Mungil Membikin Nyaman

Meskipun rumah yang kita tempati sangatlah kecil baik dari luas lahan dan luas bangunan, kita semua insyaallah bisa kok membuat susana rumah bikin kerasan dan terasa nyaman. Pertama yang membuat rumah terasa nyaman adalah keharmonisan di dalam suasana keluarga kita (suami, istri, anak, dan pembantu bila ada pembantu. Kedua aturlah ruangan seefisien mungkin baik dari aspek pencahayaan, kelembaban, dan suhu ruangan. Ketiga janganlah meletakan perabot rumah tangga sembarangan (mis: meja kursi tamu, almari tv, dan lain sebagainya) dengan ukuran yang berlebihan sehingga terkesan menambah sempit ruangan (sesuaikan dengan luas ruangan). Keempat hiasilah dengan asesoris seperti korden cendela, gambar dinding, taplak meja, kerudung tv, dan lain sebagainya dengan keserasian warna sebagai satu kesatuan ruangan. Perlu diperhatikan disini bahwa pemilihan dan kombinasi warna, baik dari warna tembok, warna perabot dan warna asesoris dalam ruangan adalah sangat menentukan suasana kenyamanan rumah. Kombinasi warna yang anda pilih akan menunjukkan kepribadian anda dan pemilihan warna sangat berpengaruh terhadap psykologis seseorang, karena warna-warni memiliki makna yang berbeda-beda. Baca disini

Pengembangan Rumah Mungil

Dengan melihat kondisi luas lahan yang terbatas tidak ada lain bahwa pengembangan rumah tentu ke atas yaitu di tingkat. Banyak sekali desainer (para arsitek) yang ahli dalam menggambar dan menata ruangan untuk mendesainkan rumah kita, akan tetapi tentunya kita akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk jasa mereka sebagai arsitek sementara uang kita pas-pasan. Dengan melihat, membaca dan mempelajari contoh-contoh pengembangan rumah, baik di sekitar lingkungan rumah atau contoh-contoh desain rumah mungil yang ada di website,.. baca disini, kita bisa berkreasi menata (mendesain) rumah sendiri dan merencanakan secara bertahap pembangunannya (pembangunan bertahap) dalam memanfaatkan kondisi keuangan yang ada. Dengan kreasi sendiri sehingga kita akan lebih irit dalam penggunaan biaya untuk rehab atau pengembangan rumah, selain itu kita bisa merasakan adanya kepuasan tersendiri untuk mendapatkan dan menikmati suasana rumah hasil dari kreasi sendiri sebagaimana yang kita idam-idamkan yaitu rumah terasa luas, nyaman, dan sehat.

Penataan dan Pemanfaatan Ruang

Di dalam penataan dan pemanfaatan ruang diperlukan daya kreasi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dengan melihat kondisi luas lahan yang terbatas, penataan dan pemanfaatan ruang sangat diperlukan. Diusahakan jangan sampai ada ruang yang terbuang dalam pemanfaatannya. Kesalahan dalam menata dan memanfaatkan ruang akan berakibat ruangan terasa sempit.

Contoh dalam pemanfaatan ruang lihat gambar gambar di bawah ini

Gbr.1. Pemanfaatan Ruang/Gopries'82
Gambar 1. Didalam gambar tesebut terdapat tangga membentuk huruf L yang digunakan untuk naik ke lantai 2, dibawah tangga tersebut antara lain dimanfaatkan sebagian sebagai almari (tempat menyimpan barang), dan sebagian digunakan untuk kamar mandi berukuran (1.5 m x 1.5 m).

Gbr.2. R.Makan, R.Santai tanpa sekat/Gopries
Gambar 2, 3. Sebagai contoh Ruang dengan ukuran 6.0 m x 3.5 m dimanfaatkan sebagai R. Makan dan R. Keluarga. Dalam gambar tersebut merupakan satu kesatuan antara ruang makan yang bersambungan secara terbuka tanpa sekat dengan ruang santai keluarga untuk menonton televisi dengan asesoris disampingnya seperangkat guci, vas bunga dan bunga plastik serta tikar dari kain sebagai alas yang terkesan sederhana dan santai. Disamping itu tampak 2 buah korden pintu Kamar Tidur, selain berfungsi sebagai sekat untuk menutup pintu, namun juga sebagai hiasan yang ikut mewarnai ruangan tersebut dan terkesan elegan.
Gbr.3. Tampak Menyatu antara R.Santai, R.makan, dan R.dapur/Gopries'82

Gbr. 4. Ruang Tamu/Gopries'82
Gambar 4. Pemanfaatan Ruang Tamu dengan ukuran 3.5 m x 3.0 m. Agar ruang tamu sebagai satu kesatuan yang terkesan nyaman dan rapi, pilihlah kursi dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruangan serta pemilihan warna menyesuaikan dengan warna dinding. Disamping itu anda bisa menambahi asesoris seperti bunga hidup atau bunga yang terbuat dari plastik, dan hiasan dinding berupa foto, lukisan, atau yang lainnya agar terkesan asri.

Tulisan ini jauh dari sempurna hanya sekedar uneg-uneg tentang bagaimana kita menata dan memanfaatkan ruang di rumah yang mempunyai luas lahan yang sangat terbatas agar suasana rumah membuat kita bisa betah (krasan), nyaman, dan sehat. Namun semuanya itu kembali kepada kreatifitas dan selera anda. Semoga bermanfaat, Salam.



Sekedar uneg-uneg: Prihartanto.

Read More......

Senin, 19 Desember 2011

Membuat Gambar Animasi

Cara Membuat Gambar atau Foto Animasi

     Bimasena / Gopries'82
Sebelum kita belajar bagaimana cara membuat Gambar atau Foto Animasi, tentu alangkah baiknya kita kenal lebih dahulu apa sih animasi itu? Saya yakin anda semua sudah tahu dan paham apa itu animasi, namun tidak ada salahnya to bila maz Gopries’82 mereviu kembali, weleh-weleh sok tahu... gitu aja kok pakai difinisi segala.. he..he..he...maaf ya, ok setuju..! Animasi berasal dari kata “to animate” yang berarti menggerakan, menghidupkan. Menggerakkan dan menghidupkan disini tentunya mengenai benda-benda mati yang digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedik dan teratur yang memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga dapat diartikan sebagai suatu teknik menampilkan gambar atau foto yang kita rubah dan atau dikombinasi yang digerakkan secara berurutan agar mempunyai kesan lebih hidup dan menarik bagi orang yang melihatnya.

Terus bagaimana caranya? Disini maz Gopries’82 ingin membagi sedikit info cara membuat animasi gambar, foto, dan atau kombinasi keduanya dengan menggunakan software PhotoScape.

1. Bagi anda yang belum punya software photoscape, tentunya harus install dulu software tersebut ke komputer atau notebook anda.

2. Bila sudah ada dan terinstall, anda bisa memulai dengan cara doubel klik PhotoScape pada desktop kemudian akan muncul gambar dan menu sebagai berikut

                                                                        Menu PhotoScape / Gopries'82

3. Pilih atau klik Editor, untuk mengedit gambar atau foto yang akan dibuatkan animasinya. Kemudian pilih atau klik gambar anda yang berada di dokumen komputer anda, di hardisk external anda, atau di media penyimpan yang lain. Setelah kita klik akan nampak pada layar monitor anda sebagai berikut

       Illustrasi tampak Gambar induk yang akan dibuat animasi/Gopries'82

4. Digambar ini sebagai contoh gambar animasi (Bima Vs Tikus2) lihat dan klik disini. sebagai gambar induk anda mulai bekerja, misalkan anda ingin menambahkan tulisan, yang harus anda lakukan adalah pilih menu obyek memasukkan teks misalkan Aduuuuh Sakiiit, Kapok Tuan Bima. Disini anda juga bisa memilih jenis dan besar kecilnya, warna dan bayangan huruf. Kemudian klik okey bila dipandang sudah cocok dan geser dimana akan diletakkan huruf tersebut, atau klik batal bila anda kurang suka. Dan bila anda menginginkan tikus tersebut seolah meneteskan darah yang terkena tusukan kuku dari Bima, lakukan dan kerjakan pilih menu obyek dan klik mode garis (pada menu tergambar spiral) dan pilih warna merah tentunya untuk warna darah dengan menandai dimana anda hendak meletakkanya misalnya di bawah luka tusukan kemudian tarik kursor sebagai garis strip-strip. Atau mungkin anda menginginkan mata Si Bima bergerak dan berubah warna atau anda menginginkan songkok dan pakaiannya berubah warna emas dan kerlap-kerlip kerjakan dan lakukan seperti diatas dengan menu obyek tersebut. Setelah selesai kemudian simpan sebagai foto1. Kemudian dengan melakukan edit ulang (Klik Editor) pada gambar induk dan buat dengan tulisan sama warna berbeda letakkan pada posisi yang sama atau dimana saja terserah anda semua tergantung kreatifitas anda. Kemudian simpan sebagai foto2.

5. Kemudian untuk menampilkan animasi anda, lakukan dengan mengklik GIF animasi pada menu PhotoScape, dan pilih menu tambah dengan cara mengklik tambah sehingga muncul tulisan atau teks yang berbunyi menambah foto atau insert kemudian klik dan pilih foto1, setelah itu klik tambah lagi pilih foto2. Dan seterusnya sebagaimana yang anda kehendaki. Sekarang animasi anda sudah selesai, tinggal mengatur durasinya, mengubah efek, dan mengatur ukuran, kemudian simpan selesai. Mudah bukan?.

Bila anda ingin melihat animasi burung yang seolah melompat-lompat atau animasi gabungan antara teks wellcome to mazPrie82 Blogs dan gambar Apollo mengitari bumi klik disini

Kreatifitas anda akan membuahkan gambar animasi yang berkwalitas.

Sekedar uneg-uneg senangnya berbagi info: Prihartanto

Read More......

Sabtu, 17 Desember 2011

Animasi Bimasena Vs Tikus-tikus

Animasi antara Bima Sena Versus Tikus-tikus

                                                              Animasi Bima Sena Vs Tikus-tikus/Gopries'82

Read More......

Jumat, 09 Desember 2011

Si Pemancing-sebuah lukisan

Ekspresi Wajah si Pemancing.

        Illustrasi/ Gopries82
Pernahkah anda melihat bagaimana ekspresi muka si pemancing ikan..?, pertanyaan ini memang menggelikan dan lucu.

Pada saat itu pernah saya di ajak oleh seorang teman yang sukanya memancing, kebetulan juga waktu itu ada kekosongan kegiatan pekerjaan sehingga saya mengiyakan ajakannya, saya merasa senang idep-idep sekalian buat refresing dari kejenuhan waktu itu.

Temen saya si penghobi mancing dengan membawa perlengkapan dan peralatan pancing, datang menghampiri saya kerumah dan berucap .. Dhe ... awakmu sida melu ora ? ... jawab saya ..”Ooo ya sida ta ya. Kebetulan saya memang sudah siap dengan pakaian dan topi yang saya pakai seolah-olah bergaya seperti seorang “pemancing ulung” ... he..he..he, maklum sebagai pemula .. nggaya dikit boleh dong.

Ok ketika sudah siap, berangkatlah kita berdua berboncengan dengan mengendarai motor butut menuju lokasi dipinggir laut yang sudah menjadi langganan sebagai tempat dimana ia memancing. Tidak memerlukan waktu yang lama, hanya setengah jam dari rumah sampailah pada lokasi. Mulailah temen saya mempersiapkan umpan dan pancingnya, setelah memasang umpan pada joran, kemudian ia segera melemparnya ke tengah laut disekitar kita duduk . Duduk sembari menunggu umpannya dimakan ikan. Sesekali kelihatan ia menggulung dan menarik umpannya. Wajahnya kelihatan kecewa saat melihat umpannya yang habis dimakan ikan. Ia lalu memasang kembali umpan dan kembali melemparnya ke tengah lagi. Sambil minum kopi yang sudah dipersiapkan sebelumnya dengan membawa bekal (kopi, gula, dan air panas di termos) dan merokok, menunggu umpan di makan ikan. Waktu udah 2 menit, 5 menit, 10 menit umpan tetep aja nggak dimakan oleh ikan, dengan wajah yang kelihatan gelisah, capai, dan menunggu harapan, tiba-tiba setengah jam kemudian umpan di makan terlihat dari gerakan kambangan yang dipasang pada senar. Pada saat itulah ekspresi mulai muncul, dengan menggulung dan mengulur senar mengikuti gerakan ikan, berdiri maju, mundur sepertinya yang memakan dan menariknya adalah ikan besar dengan penuh harapan dia berusaha untuk melemahkannya agar mudah menariknya. Namun lagi-lagi kekecewaan yang saya lihat pada raut mukanya, karena ikan yang sudah menjadi angan-angan dan harapan lepas.

Dengan penuh kesabaran, pejuangan dan semangat yang gigih, teman saya lagi-lagi memasang umpannya di mata kail dan kemudian melempar lagi ke tengah, 10 menit kemudian umpan dimakan ikan. Mulailah menampakkan ekspresi lagi ... saat ini ekspresi wajah yang terlihat adalah bukan ekspresi kekecewaan namun ekspresi wajah yang terlihat senang dan keheranan, haaa ... ikan apa ni? Kok besar sekali....

Ekspresi Si Pemancing -Lukisan/ Gopries82

Sekedar cerita dan Gambar : Prihartanto

Read More......

Ilustrasi 3d Kubus

Back To Nature (Nggowes)

Dengan bersepeda kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat, pikiran bisa fresh bila kita bisa merasakan dan menikmati indahnya alam dengan udara segar, tentunya bersepeda di lokasi yang jauh dari polusi udara (misalnya Keliling desa demi desa atau di pegununungan). Semuanya itu ada petunjuk sebagai Tip dan Trik bersepeda agar terasa nyaman, Untuk mendapatkan informasi-informasi tentang bersepeda, perawatan sepeda, berita sepeda, berbagai jenis sepeda dan asesorisnya silahkan berkunjung ke situs webblog tentang sepeda. Selengkapnya

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by Goresan Warna

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger