Wellcome To Seni & Budaya

What time

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 19 Desember 2011

Membuat Gambar Animasi

Cara Membuat Gambar atau Foto Animasi

     Bimasena / Gopries'82
Sebelum kita belajar bagaimana cara membuat Gambar atau Foto Animasi, tentu alangkah baiknya kita kenal lebih dahulu apa sih animasi itu? Saya yakin anda semua sudah tahu dan paham apa itu animasi, namun tidak ada salahnya to bila maz Gopries’82 mereviu kembali, weleh-weleh sok tahu... gitu aja kok pakai difinisi segala.. he..he..he...maaf ya, ok setuju..! Animasi berasal dari kata “to animate” yang berarti menggerakan, menghidupkan. Menggerakkan dan menghidupkan disini tentunya mengenai benda-benda mati yang digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedik dan teratur yang memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga dapat diartikan sebagai suatu teknik menampilkan gambar atau foto yang kita rubah dan atau dikombinasi yang digerakkan secara berurutan agar mempunyai kesan lebih hidup dan menarik bagi orang yang melihatnya.

Terus bagaimana caranya? Disini maz Gopries’82 ingin membagi sedikit info cara membuat animasi gambar, foto, dan atau kombinasi keduanya dengan menggunakan software PhotoScape.

1. Bagi anda yang belum punya software photoscape, tentunya harus install dulu software tersebut ke komputer atau notebook anda.

2. Bila sudah ada dan terinstall, anda bisa memulai dengan cara doubel klik PhotoScape pada desktop kemudian akan muncul gambar dan menu sebagai berikut

                                                                        Menu PhotoScape / Gopries'82

3. Pilih atau klik Editor, untuk mengedit gambar atau foto yang akan dibuatkan animasinya. Kemudian pilih atau klik gambar anda yang berada di dokumen komputer anda, di hardisk external anda, atau di media penyimpan yang lain. Setelah kita klik akan nampak pada layar monitor anda sebagai berikut

       Illustrasi tampak Gambar induk yang akan dibuat animasi/Gopries'82

4. Digambar ini sebagai contoh gambar animasi (Bima Vs Tikus2) lihat dan klik disini. sebagai gambar induk anda mulai bekerja, misalkan anda ingin menambahkan tulisan, yang harus anda lakukan adalah pilih menu obyek memasukkan teks misalkan Aduuuuh Sakiiit, Kapok Tuan Bima. Disini anda juga bisa memilih jenis dan besar kecilnya, warna dan bayangan huruf. Kemudian klik okey bila dipandang sudah cocok dan geser dimana akan diletakkan huruf tersebut, atau klik batal bila anda kurang suka. Dan bila anda menginginkan tikus tersebut seolah meneteskan darah yang terkena tusukan kuku dari Bima, lakukan dan kerjakan pilih menu obyek dan klik mode garis (pada menu tergambar spiral) dan pilih warna merah tentunya untuk warna darah dengan menandai dimana anda hendak meletakkanya misalnya di bawah luka tusukan kemudian tarik kursor sebagai garis strip-strip. Atau mungkin anda menginginkan mata Si Bima bergerak dan berubah warna atau anda menginginkan songkok dan pakaiannya berubah warna emas dan kerlap-kerlip kerjakan dan lakukan seperti diatas dengan menu obyek tersebut. Setelah selesai kemudian simpan sebagai foto1. Kemudian dengan melakukan edit ulang (Klik Editor) pada gambar induk dan buat dengan tulisan sama warna berbeda letakkan pada posisi yang sama atau dimana saja terserah anda semua tergantung kreatifitas anda. Kemudian simpan sebagai foto2.

5. Kemudian untuk menampilkan animasi anda, lakukan dengan mengklik GIF animasi pada menu PhotoScape, dan pilih menu tambah dengan cara mengklik tambah sehingga muncul tulisan atau teks yang berbunyi menambah foto atau insert kemudian klik dan pilih foto1, setelah itu klik tambah lagi pilih foto2. Dan seterusnya sebagaimana yang anda kehendaki. Sekarang animasi anda sudah selesai, tinggal mengatur durasinya, mengubah efek, dan mengatur ukuran, kemudian simpan selesai. Mudah bukan?.

Bila anda ingin melihat animasi burung yang seolah melompat-lompat atau animasi gabungan antara teks wellcome to mazPrie82 Blogs dan gambar Apollo mengitari bumi klik disini

Kreatifitas anda akan membuahkan gambar animasi yang berkwalitas.

Sekedar uneg-uneg senangnya berbagi info: Prihartanto

Comments :

0 komentar to “Membuat Gambar Animasi”

Posting Komentar

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by Goresan Warna

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger